Berbagi Masalah (pasti ada alternatif lain)

Aku ingin mengatakan ini bukan masalah, tapi bingung mau pake kata lain apa..

Ini adalah bagian yang seru dimana saat mengerjakan TA biasanya ada sesuatu yang belum bisa kita kerjakan dan harus memutar otak untuk mencari solusi dan mencari alternatif lainnya.

Berikut ini akan ku ungkapkan apa yang sedang saya kerjakan:

Membuat video conference tentunya membutuhkan webcam, webcam jika di pasang di windows biasanya sudah ada drivernya dan dapat di install dengan mudah. Nah, sekarang webcam tidak saya gunakan di windows namun menggunakan FreeBSD. Sebenarnya di FreeBSD juga untuk webcam bisa digunakan dan ada drivernya, tapi untuk produk tertentu saja. Driver di FreeBSD lebih sedikit daripada driver untuk linux. Jika menggunakan linux webcam yang saya gunakan saat ini (Logitech Quickcam IM & Logitech Messenger) itu ada drivernya, namun untuk FreeBSD belum support. Ada alternatif untuk menggunakan driver webcam di linux tersebut di FreeBSD yaitu dengan linux-kmod-compat. Nah, ports linux-kmod-compat tersebut hanya berjalan pada FreeBSD 7.0. FreeBSD yang saya gunakan saat ini dan telah terinstall pada 5 komputer adalah FreeBSD 5.4 yang telah mendukung untuk Xcast6. Mengapa saya tidak langsung menggunakan FreeBSD 7.0 untuk aplikasi saya, karena dulu saat saya install Xcast6 di FreeBSD 7.0 ada file yang tidak terdapat FreeBSD 7.0. Saya masih ingin sekali lagi untuk mencoba FreeBSD 7.0 dengan di install Xcast6, mencoba kemungkinan jika dulu ada salah saat compile. Tapi itu berarti saya harus mengulang lagi dari awal apa yang telah saya kerjakan.

Jadi kalau dipetakan, hubungannya adalah sebagai berikut:

Xcast6 – FreeBSD 7.0 – linux-kmod-compat – driver webcam support Linux (tidak support untuk FreeBSD) > pernah gagal dalam install Xcast6 di FreeBSD 7.0, tidak ada header ah.h & ip_sec.h

Xcast6 – FreeBSD 5.4 – VLC > Ganti Judul, belum tentu juga pake VLC bisa mendukung Xcast6

Xcast6 – FreeBSD 5.4 – webcam yang support driver FreeBSD > Harus beli webcamnya, harganya ga murah & barangnya udah jarang di pasaran. Pinjem dilab ga ada yang punya sesuai dengan kebutuhan

dari pilihan-pilihan diatas memang ada resiko sendiri, jadi harus mencari yang resikonya paling sedikit.

Oya, kalau ada yang mau bantuin, kalau misalnya punya webcam seperti yang ada dibawah ini:

list:
Philips PCA645VC
Philips PCA646VC
Philips PCVC675K (Vesta)
Philips PCVC680K (Vesta Pro)
Philips PCVC690K (Vesta Pro Scan)
Philips PCVC730K (ToUCam Fun)
Philips PCVC740K (ToUCam Pro)
Philips PCVC830K (ToUCam Fun II)
Philips PCVC840K (ToUCam Pro II)
Philips PCVC750K (ToUCam Pro Scan)
Philips PCVC720K/40 (ToUCam XS)
Philips SPC900NC (ToUCam III)
Logitech QuickCam Pro 3000
Logitech QuickCam Notebook Pro (Old Model)
Logitech QuickCam Pro 4000
Logitech QuickCam Zoom
Logitech QuickCam Zoom (New Model)
Logitech QuickCam Orbit/Sphere (Old Model) [1]
Logitech QuickCam (reserved id)
Logitech QuickCam (reserved id)
Logitech QuickCam (reserved id)
Creative Labs Webcam 5 (Old Model)
Creative Labs Webcam Pro Ex
Samsung MPC-C10
Samsung MPC-C30
Samsung SNC-35E
Visionite VCS-UM100
Visionite VCS-UC300
Askey VC010 type 1
Askey VC010 type 2
AME Co. Afina Eye
Sotec Afina Eye

*inget waktu tinggal 16 hari lagi..

HAMASAH..   \^0^/


About this entry