Menghapus password bios di laptop compaq

Maaf sambil cerita juga hehe..😀

Minggu lalu tepatnya tanggal 10 Januari 2009, Via sepupuku nanya caranya ganti password bios di laptopnya. Tanpa pikir panjang mumpung pas nongkrong di depan kompie kesayanganku, aq langsung aja search ‘password bios’. Nah, ketemu neeh kurang lebih seperti ini:

Pertama

Password bios biasanya digunakan untuk mengamankan komputer kita dari orang lain yang ingin menggunakan sembarangan. Kadang juga kita lupa password bios tersebut, maka solusinya adalah menghubungi service center sesuai dengan merk laptop kita. Tapi karena mungkin agak ribet, atau biaya mahal untuk service maka yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Backdoor Password sesuai dengan merk motherboard.

2. Menggunakan software cracking (Menggunakan DOS).

3. Reset CMOS menggunakan jumper atau solder.

4. Mengeluarkan betere CMOS selama 10 menit (atau 24 jam).

5. Menekan tombol ‘esc’ 1000 kali untuk laptop tahun 2000 kebawah.

– Untuk cara pertama ada disini.

– Cara kedua menggunakan software cracking (menggunakan DOS):

masuk dalam command prompt, caranya klik start > run > ketik ‘cmd’  (tanpa tanda petik)

setelah masuk ke layar hitam masukkan kode berikut

o 70 2e

o 71 ff

Q

huruf ‘O’ kecil serta spasi juga disertakan, kemudian restart komputer anda, maka password bios akan terhapus. Menggunakan cara ini harus hati2 kalau salah saya tidak menjamin kerusakan pada laptop anda, bisa2 salah konfigurasi dan ada kerusakan hehe… piss ^_^V

Ada lagi cara lain yaitu ketik pada run:

AT 02:18 am /interactive cmd.exe

Perintah diatas akan memanggil program cmd.exe, namun ownernya adalah system. Dengan kata lain, kita dapat mengganti password semua user pada komputer itu.

Setelah command prompt muncul, maka ketik sebagai berikut:

NET USER namauserutama passwordbaru

– Cara ketiga dan keempat berhubungan langsung dengan betere bios, batere bios bentuknya tipis seperti batere jam. Mau tidak mau anda harus membuka laptop anda, kalau masih ada segel garansi lebih baik langsung ke service center saja, namun jika anda tidak mempermasalahkan hal ini, anda mengambil resiko sendiri.

ketiga adalah dengan men-jumper (menghubungkan kutub positif dengan kutub negatif) batere CMOS, sehingga akan terjadi short / korsleting yang berdampak akan me-reset konfigurasi bios. Jika anda tidak mau beresiko dengan ini maka ambil cara keempat yaitu dengan melepas batere CMOS sesuai dengan waktu yang dibutuhkan.

– Cara kelima mungkin sudah sangat jarang ada.

Waktu itu Via nanya lewat sms aja, jadi aq jawab smsnya puaaannjjaaannggg buuangetts, dan ternyata kagak ngerti.. aq pun juga kagak ngerti dan lupa nanya merk laptopnya apa. Yah, berhubung jarak tidak terlalu jauh (sama-sama di Bandung), akhirnya ketemuan aja. Syukurlah, walaupun sudah bertahun2 kuliah di tempat yang tidak begitu jauh dan beda kampus, kami belum pernah bertemu selain pas waktu lebaran ngumpul di Muntilan semua. Via lagi perjalanan ke tempat mb Icha dan awalnya mau ke dayeuhkolot, tapi berhubung ngga tau jalan diganti ketemuan di B*C di Food Point lantai atas.

“Qi,, bsk ktemuan d foodcourt b*c jam11 yuph!..” smsnya sekalian minta bawain office 2007. Bolehlah mumpung besok hari minggu.

Ku kira dateng telat, sudah jam 11 lebih aq nyampe duluan tapi mereka belum keliatan disana. Yaudah sambil nunggu, pesen jus strawberry + password untuk hotspot sambil buka2 c*mpaqku. Iseng-iseng aq belum pernah coba ngasih password biosnya, dan masuk ke bios > security > eh ternyata ada untuk ngisi passwordnya.

Beberapa saat kemudian mb Icha & Via dateng, wah.. bawa laptop smua nih, sampe meja kecil di foodcourt penuh. Lumayan nongkrong disana ada hotspot gratis. Yah, ternyata sama c*mpaq smua.

Jadi untuk ganti password bios laptop compaq cukup dengan cara masuk biosnya (dengan memencet tombol f10 sebelum booting OS) (ada juga yang berbeda). Lalu security dan Password, isikan password yang sudah ada dan kemudian diganti dengan kosong (tanpa diisi). hehe.. beres cuma gitu aja🙂.

Cerita berlanjut, selain ganti password minta diinstalin juga office 2007, untung dah kubawa tadi. Bawa flasdisk, tapi penuh dan sepertinya agak rusak jadi kalau mindahin file lama buaangeett, jadi karena ga ada media lain untuk mentransfer data kami gunakan media udara alias wireless, beugh gak kalah lamanya. Masih inget kmaren dapet IPnya 192.168.182.47/24. Sambil nunggu transfer kami makan, dan ternyata baterenya udah hampir empty, rebutan ama orang tuk cari catu daya. Selesai transfer, trus install sambil ngobrol2 n nonton film yang kubawa (hardisnya cuma penuh dengan film he3X..). Udah itu sholat ashar & kliling B*C cari softcase n kabel data dilanjutin nyari2 buku di gra*edi* sampe maghrib trus pulang.


About this entry