Beda Session dan Channel

Memang jurnal itu ga bisa langsung dipahami dalam sekali baca, harus berulang-ulang baru tau maksudnya. Kalau diterjemahkan itu bukan sama dengan diartikan, tapi juga ngerti maksudnya. Terutama untuk asumsi dasar, kalau dari dasar aja udah salah mengasumsikannya maka akan menjadi kebingungan diakhirnya juga

Ku tulis aja dah buat catatan sendiri.

Session: in Xcast the term ‘Multicast session’ will be used instead of ‘multicast group’ to avoid the strong assosiation of multicast group with multicast group addresses in traditional IP multicast.

Channel: in a session with multiple senders (e.g. a video converence), the flow sourced by one sender will be called a channel. So a session can contain one or more channels.

Jadi maksudnya session di sini bukan berarti sesi tapi hanya sebagai pengganti dari multicast grup pada IP multicast biasanya. Karena ada hal yang berbeda ketika kita menggunakan tradisional IP Multicast dengan Xcast (Eksplisit multi unicast). Perbedaan disini terletak pada sesinya. Ini bukan berarti sebuah alamat baru dari penggunaan untuk multicast tersebut. Nah yang di maksud multicast disini juga bukan mengacu pada sistem yang digunakan, namun lebih mengacu pada pengiriman ke banyak tujuan atau multiple receivers pada sebuah kelompok yang telah bersatu. Anggaplah session ini bagaikan waktu, ketika satu waktu ada beberapa pengirim yang melakukan pengiriman secara bersamaan.

Sedangkan channel atau kalau biasa kita artikan sebagai kanal adalah bagian dari session itu sendiri yang dikirim tiap pengirim. Jadi dapat kita pahami bahwa ketika beberapa pengguna multicast ini bergabung maka tiap orang mempunyai kanal sendiri yang dikirim ke semua yang bergabung. Dan secara waktu bersamaan pula jika menggunakan videoconference pastilah tiap orang yang bergabung tersebut juga mengirimkan file secara bersamaan pula, itulah yang dinamakan session.

Ketika kita mengirim paket ke semua orang saat itu juga kita akan menerima paket dari banyak orang juga dalam satu kelompok tersebut.

Iklan

About this entry