Konfigurasi IPv6 di Windows XP menggunakan netsh

Sudah dijelaskan bagaimana mengkonfigurasi windows anda menggunakan IPv6, sekarang bagaimana cara men-set IPv6 anda dengan yang anda kehendaki?
Klo menggunakan IPv6 itu biasanya udah secara default anda akan mendapatkan IP yang sesuai dengan jaringan dimana anda terhubung. Karena alamat IPv6 yang sangat banyak 2^128 berbeda dengan IPv4 yang hanya 2^32 maka dalam IPv6 tidak ada subnetting seperti yang ada pada IPv4.
Nah sekarang kita mau ngeset IPnya, pertama secara otomatis didapatkan dari stateless autoconfiguration yang diterima dari router advertisement dan stateful autoconfiguration dari DHCPv6. Ketikkan pada command prompt :

C:\Documents and Settings\Arqom Alif H>ipv6 renew

Sedangkan secara manual kita dapat menggunakan netsh jika pada Windows XP tapi jika menggunakan Vista bisa langsung lewat GUI

Sebelum mencoba menggunakan netsh pertama kita pahami dulu interfacenya. Jika IPv4 interfacenya bisa kita isi eth0, S1 atau lainnya. Tapi berbeda jika menggunakan IPv6 ada 7 intefacenya. Karena kita sekarang masih dalam tahap transisi dari IPv4 ke IPv6, masih banyak orang yang menggunakan jaringan IPv4. Jadi dalam perbedaan Internet protokol tersebut maka kita perlu melewatkan IPv4 pada jaringan IPv6 atau sebaliknya. Ada beberapa metode antara lain dual stack, tunneling dan translasi. Metode tunneling sendiri ada beberapa metode yaitu teredo tunneling, ISATAP tunneling, 6to4 dan 6over4.
Untuk interfacenya antara lain adalah :
1.    Interface 7 adalah Teredo Tunneling
2.    Interface 6 adalah  fisik (Ethernet)
3.    Interface 3 adalah 6to4 Tunneling
4.    Interface 2 adalah Automatic Tunneling dengan alamat embedded IPv4
5.    Interface 1 adalah loopback
Yang terlihat ada 5 interface tapi sebenarnya ada 7 (2 diantaranya yaitu interface 4 dan 5 tidak tampak karena merupakan interface VMware pada kondisi disable).
Untuk melihat interface tersebut bisa kita ketik dalam cmd :

C:\Documents and Settings\Arqom Alif H>ipv6 if

Nah.. sekarang kita mulai menggunakan netsh, ketikkan aja

C:\Documents and Settings\Arqom Alif H>netsh

lalu mulai masuk

netsh>

klo mau mulai dan kita tidak tau apa apa bisa ketikkan netsh>? , nanti akan keluar perintah yang bisa kita gunakan. Langsung aja kita konfigurasi manual IPv6 dalam komputer kita. ketikkan :

netsh>interface ipv6
netsh interface ipv6> add address InterfaceNameOrIndex IPv6Address [[type=]unicast|anycast] [[validlifetime=]Minutes|infinite] [[preferredlifetime=]Minutes|infinite] [[store=]active|persistent]

contohnya :
netsh interface ipv6>add address interface=5 address=2002:1110:4029::4
atau bisa juga
netsh interface ipv6>

"Local Area Connection" fec0::1a49:2aa:ff:fe34:ca8f

untuk menghapusnya :
netsh interface ipv6>delete

address interface=5 address=2002:1110:4029::4

untuk menambahkan gateway :

netsh interface ipv6 add route ::/0 interface “Local Area Connection” 2002:1110:4029::1

(2002:1110:4029::1 adalah gateway-nya)

untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini
waduh.. masih kelupaan apa itu netsh. Netsh adalah fasilitas skript baris perintah (command-line scripting utility ) Untuk OS windows yang memungkinkan pengguna memodifikasi konfigurasi jaringan komputer yang sedang berjalan.

ref :
http://belajaripv6.wordpress.com/
http://technet.microsoft.com/en-us/library/cc740203.aspx
http://arqomalifh.multiply.com/journal/item/22/Konfigurasi_IPv6_di_Windows_dengan_netsh

About these ads

About this entry